Kemiri

Kemiri sudah lazim digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, terutama di Indonesia dan Malaysia. Orang jawa biasa menyantap nasi dan sayuran dengan saus kental yang terbuat dari kemiri. Orang hawaii memanggang kemiri dan mencampurnya dengan garam untuk membuat bumbu masak khas yang disebut inamona.

Kemiri dikenal dengan nama candleberry, Indian walnut atau candlenut. Seluruh bagian dari tanaman kemiri ini dapat dimanfaatkan. Batang kemiri mengandung selulosa, lignin, pentisan dan abu. Pegagan atau kulit batang mengandung tanin. Biji kemiri dalam keadaan mentah mengandung asam hidrosianik yang beracun, oleh karena itu penggunaan biji kemiri harus disangrai dahulu sampai hangat.

Seluruh bagian dari tanaman kemiri ini memiliki nilai pengobatan. Kemiri juga memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Biji kemiri yang ditumbuk halus dapat dipakai untuk mengobati sakit gigi, bisul, meredakan demam dan mengatasi bengkak pada sendi tulang. Biji kemiri juga dimanfaatkan sebagai obat pencahar.

Berikut manfaat dari tiap bagian kemiri :

1. Kulit katu kemiri untuk tumor

2. Biji kemiri dibakarr dnegan arang untuk menyembuhkan diare

3. Kulit batang kemiri untuk mengobati diare, disentri, dan sariawan karena mengandung zat tanin

4. Daun kemiri berkhasiat untuk mengobati sakit gigi

5. Biji kemiri menghasilkan tung oil sebagai bahan campuran pembuatan cat

6. Minyak kemiri berkhasiat untuk menyuburkan, menguatkan an menghitamkan rambut. Bahan utama dalam pembuatan produk perawatan rambut. Selain itu, sebagai obat gosok untuk pegal linu dan masuk angin.

Di Malaysia, daun kemiri direbus dan dimanfaatkan sebagai obat untuk sakit kepala, demam, bisul, bengkaka pada persendian dan kencing nanah. Di Hawaii, bunga dan getah segar kemiri yang baru saja disadap digunakan untuk obat sariawan pad anak-anak. Selain itu biji kemiri yang kering juga lazim digunakan sebagai bahan masakan di Indonesia dna Malaysia.

Di Bali, beberapa ukiran atau kerajinan tangan tradisional terbuat dari kayu kemiri pilihan. selain itu, penelitian Martawijaya dkk (1989) juga telah menunjukkan bahwa kayu kemiri dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pulp dan vinir kayu lapis.

Minyak kemiri mengandung asam lemak jenuh yang terdiri dari asam palmitat dan asam strearat. Juga asam lemak tak jenuh yang terdiri dari asam oleat, asam linoleat dan asam arachidat.


=====================================

>>> Minyak Kemiri Untuk Menyuburkan Rambut, Mencegah Ketombe, Menumbuhkan Rambut, Mengatasi Kerontokan Rambut, Menghitamkan Rambut Secara Alami, dan Menumbuhkan Bulu-Bulu Halus Serta Manfaat Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Minyak Kemiri and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Kemiri

  1. Md Amin Tengah says:

    Assalamualaikum saya inda pesan minyak kemiri boleh kah hantarin ke Brunei Darussalam klu boleh bagai mana carinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>